Indeks Kerawanan Pemilu di Kota Baubau Masuk Kategori Sedang

Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Baubau, M Yusran Elfargani. (baju putih).
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Bawaslu menyebut Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024 di Kota Baubau masuk kategori sedang dengan range 46,27.

Komisioner Bawaslu Baubau M Yusran Elfargani menuturkan, IKP 2024 disusun dari empat dimensi yakni konteks sosial politik, penyelenggaraan Pemilu, kontestasi dan partisipasi yang memiliki 12 sub dimensi dan 61 indikator yang dipotret dari Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

-Advertisement-

“Penyusunan IKP ini bertujuan memetakan potensi kerawanan, melakukan proyeksi dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran Pemilu, serta menjadi basis Bawaslu untuk melakukan program pencegahan dan pengawasan tahapan Pemilu,” tuturnya.

Yusran merinci, IKP Baubau pada range 46,27 terdiri dari konteks sosial politik berada pada kategori sedang dengan range 53,31. Konteks penyelenggara Pemilu masuk kategori sedang dengan range 60,99 karena pada Pemilu dan Pilkada lalu ada beberapa penyelenggara yang kena sanksi dari DKPP.

“Disisi kontestasi, Baubau masuk kategori sedang dengan range 34,79. Artinya, kontestasi Pemilu dan Pilkada di Baubau berjalan dengan tensi tidak terlalu mengkhawatirkan, memang panas tapi tidak mengarah ke konflik,” ujarnya.

Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Baubau ini menambahkan, dari konteks partisipasi, Baubau juga masuk kategori sedang dengan range nol karena partisipasi pemilih cukup tinggi diangka 70 persen.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments