Imunisasi MR di Kabupaten Buton Berjalan Lancar

320
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Program imunisasi Measles Rubella MR berjalan dengan baik di Kabupaten Buton terbukti 15.021 siswa sudah diberikan imunisasi MR.

“Target pada bulan Agustus sebanyak 27.464 siswa sekolah dan yang sudah dilaksanakan hingga tanggal 14 Agustus 15.021 anak. Artinya sudah 55 persen dari sasaran kami,” ujar Kadis Kesehatan Buton Sumardin, Rabu 15 Agustus 2018.

- Advertisement -

Dijelaskannya, sesuai rencana imunisasi MR akan berakhir sampai 31 Agustus untuk tingkat sekolah. Kemudian awal September akan dilanjutkan pada anak usia 9 bulan keatas dengan sasaran bayi, anak usia sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Kata dia, Dinkes menargetkan imunisasi MR akan dilakukan pada 35.361 anak secara keseluruhan, mulai dari usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Menurut Sumardin, soal halal haram Pemerintah kabupaten Buton sudah mendapatkan informasi jika MUI saat ini sedang menunggu laporan dari India asal imunisasi MR. Kendati demikian pelaksanaan imunisasi berjalan normal. Sekalipun beberapa masyarakat yang tidak ingin diimunisasi tetap akan dihormati.

“Kami tidak memaksakan tapi kami akan memberikan sosialisasi jika manfaat imunisasi MR ini sangat penting sekali pada anak-anak,” katanya.

Sumardin menjelaskan, jika ada reaksi demam dan panas yang ditimbulkan, orang tua tidak perlu khawatir, cukup dikompres. Kecuali pada kategori panas lebih dari 38 derajat maka harus segera dirujuk ke rumah sakit.

“Hingga saat ini sejak dicanangkan pusat di Buton tidak ditemukan siswa yang mengalami dampak imunisasi, semua berjalan normal,” imbuhnya.

Di Buton sendiri, lanjut dia, ada 14 Puskesmas yang siap melayani imunisasi MR. Puskesmas itu memiliki perugas yang siap memberikan pemahaman kepada siswa, guru, dan orang tua.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...