Disnaker Buton Kirim 16 Orang Ikut Pelatihan di Bekasi

208
Mulyono

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buton akan mengirim 16 orang ke Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) untuk mengikuti pelatihan pada 21 Oktober 2018.

Kepala Seksi Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Disnaker Kabupaten Buton, Mulyono mengatakan, program pelatihan tersebut merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja melalui Balai Besar Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas.

- Advertisement -

Kata dia, 16 orang tersebut merupakan masyarakat Kabupaten Buton. Mereka akan mengikuti tiga program pelatihan yaitu pelatihan teknologi informasi, elektronika tehnik instalasi visat, dan pelatihan refrigerator atau lemari pendingin.

16 orang yang dikirim, lanjut Mulyono, semua laki-laki. Mereka merupakan hasil seleksi yang dilakukan Kementerian Tenaga Kerja beberapa waktu lalu yang dilaksanakan di Kabupaten Buton.

Saat itu jumlah peserta yang mengikuti seleksi mencapai 44 orang. Mereka rata-rata berusia mulai dari 18-30 tahun.

“Selama mereka mengikuti pelatihan, mereka diasramakan yang difasilitasi oleh Kementerian Tenaga Kerja dan tidak dipungut biaya sepersenpun. Khusus di Buton, ini adalah kali pertama. Biasa hanya wilayah-wilayah Indoensia Timur dan Indonesia Barat,” jelasnya.

Setelah ke 16 orang itu mengikuti pelatihan, Mulyono berharap, mereka kembali ke Kabupaten Buton dan menerapkan ilmu yang diperoleh.

“Ini bisa merubah pemikiran yang belum punya keterampilan. Karena kalau biaya sendiri pasti sangat mahal. Tapi ini pemerintah pusat memberi kepercayaan untuk Buton, dan ini tahap pertama ini adalah uji coba dulu. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih banyak lagi yang bisa ikut,” tuturnya.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Starmax Nusantara Buton, Tempat Nongkrong yang Asyik di Kota Baubau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here