PD Pasar Siap Mengelola Semua Pasar di Kota Kendari.

128

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari masih melakukan kajian dan penilaian untuk menyerakan tiga pasar yang saat ini dikelola Badan Pengegeolah Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) ke Perusahaan Daerah (PD-Pasar).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, dirinya masih menunggu hasil kajian dari Dewan Pengawas yang mewakili pemerintah untuk pengelolaan pasar Sentral Kota Kendari, Pasar Wuawua, dan Pasar Pedagang Kaki Lima (PKL) ke PD Pasar.

- Advertisement -

Selain dari penilaian dari Dewan Pengawas, lanjut Sulkarnain, pemkot meminta pandangan dari Ombudsman.

“Makanya saya kasih waktu selama satu bulan untuk melakukan penilaian, apakah nanti kalau diserahkan ke PD Pasar tidak akan membebani, dan kalau tidak ada beban kita serakan ke PD Pasar,” kata Sulkarnain Kadir, Jumat 5 April 2019.

“Mudah-mudahan dalam waktu satu atau dua minggu ke depan sudah ada hasilnya,” tambahnya.

Ketua DPD PKS Kota Kendari ini menjelaskan, perusahaan daerah orientasinya profit. Ada kekhawatiran, pasar-pasar yang belum hidup justru malah membebani tidak hanya pedagang termasuk PD Pasar sebagai pengelola.

“Kita harapkan ini kalau nanti kita dalam mengambil keputusan untuk kebaikan semua pihak,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan antara PD Pasar dan pemerintah muncul ide dan gagasan pengelolaan pasar diserahkan ke PD Pasar.

“Kita tidak bisa mengambil keputusan dengan usulan spontan, harus ada kajian yang jelas di dalamnya,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur PD Pasar Kota Kendari, Asnar menyebut, berdasarkan aturan, PD Pasar sudah sepantasnya mengelola semua pasar yang ada di Kota Kendari.

“Pada intinya kami di PD Pasar siap mengelola semua pasar di Kota Kendari,” kata Asnar saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Sabtu 6 April 2019.

Baca Juga :  Seribuan KK di Talaga Buteng Desak PLN Beri Pelayanan 24 Jam

Menurut dia, Wali Kota Kendari ikut mendukung PD Pasar untuk mengelola semua pasar, dalam rangka memperbaiki sistem pengelolaan pasar dengan baik.

“Sesuai dengan tugas kami. Maka, kami siap menata pasar sesuai yang diharapkan oleh wali kota, dan kami harapkan pengelolaan pasar itu tidak dikelola lagi oleh instansi-instansi tertentu,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here