Ali Mazi Perintahkan Seluruh Kepala Daerah Membantu Pemulihan Daerah Konflik di Buton

1062
Gubernur Sultra Ali Mazi (kanan) didampingi Bupati Buton La Bakry (kiri) saat memimpin rapat bersama OPD di Rujab Bupati Buton, Jumat 7 Juni 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Gubernur Sultra Ali Mazi SH memerintahkan seluruh bupati dan wali kota di Sultra untuk ikut membantu pemulihan daerah akibat bentrokan di Kabupaten Buton. Perintah itu sudah disampaikan dalam pertemuan bersama bupati dan wali kota di Kendari.

Pada Rabu 5 Juni 2019, warga dua desa di Kabupaten Buton yakni Desa Gunung Jaya dan Desa Sampoabalo Kecamatan Siotapina terlibat bentrokan. Akibatnya 87 rumah terbakar dan rusak berat. Selain itu, ratusan warga terpaksa harus tinggal di pengungsian.

- Advertisement -

Menurut Ali Mazi, seluruh kepala daerah di Sultra sudah menyatakan kesiapan untuk membantu membangun kembali rumah warga. Selain itu, kekurangan bantuan para kepala daerah akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Sultra.

“Bantuan itu dalam waktu dekat. TNI dan Polri akan gotong royong membangun,” ungkapnya.

Makanya, Ali Mazi meminta kepada seluruh warga agar sabar. Saat ini pemerintah tengah berupaya memecahkan masalah yang terjadi. Mulai dari penanganan konflik hingga membantu warga yang tinggal di pengungsian.

“Dibalik cobaam ini ada hikmah yang kita akan dapatkan. Selaku gubernur saya mengimbau agar masyarakat Buton, Baubau dan sekitarnya agar tetap tenang dalam menghadapi musibah dan cobaan ini,” tuturnya.

Ali Mazi juga mengaku sangat mengapresiasi kecepatan aparat kepolisian dan TNI dala menangani konflik. Saat ini situasi sudah berangsur pulih.

“Hari ini Pangdam datang bersama pasukan. Saya bersama Kapolda juga akan mengundang tokoh adat dan berkomitmen agar tidak terjadi lagi peristiwa seperti ini,” ujarnya.

Menurut Ali Mazi, masalah yang terjadi saat ini hanya soal salah paham. Pasalnya leluhur masyarakat Sultra sangat beradab dan berbudaya. Hal inilah yang digunakan untuk membangun daerah ini, tidak dengan cara kekerasan.

Baca Juga :  Semangat Ridwan Maju Pilgub Sultra Kendur

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here