Pimpinan KPK Singgung Banjir di Sultra dan Bupati yang Datangkan Pawang Hujan

1425
La Ode M Syarif saat memberikan kuliah umum Universitas Sulawesi Tenggara di Hotel Zahrah Kendari.

Kendari, Inilahsultra.com – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) La Ode M Syarif bertandang di Sulawesi Tenggara, Senin 24 Juni 2019.

Dalam acara kuliah umum dengan mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) La Ode M Syarif memaparkan berbagai hal soal bencana banjir hingga tata kelola sumber daya alam.

- Advertisement -

“Dulu banjirnya bersih, sekarang datang dengan lumpurnya,” kata La Ode M Syarif.

Selain itu, ia juga menyinggung soal adanya bupati yang mau datangkan dua pawang hujan untuk menghentikan hujan.

Bupati yang disinggung Syarif ini tidak lain Bupati Konawe Kerry Syaiful Konggoasa. Kepada media, Kerry mengaku menyiapkan pawang hujan untuk mengurai intensitas hujan lebih rendah.

Menurut La Ode Syarif, banjir di Konawe dan Konawe Utara tidak bisa dilepaskan dengan kerusakan lingkungan akibat aktivitas pertambangan dan perkebunan sawit.

“Sehingga sebelum terbitkan izin, harus ada analisis dampak lingkungan dulu,” katanya.

Bagi penambang, kata dia, sebelum beroperasi harus lebih dulu menyimpan uang jaminan reklamasi (jamrek).

“Agar selesai barangnya (ditambang) maka direkalamasi dulu meski tidak akan sama 100 persen. Tidak boleh menambang kalau tidak simpan uang,” jelasnya.

Kemarin, lanjut dia, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan kabareskrim datang di Konawe Utara. Menurut dia, polisi sudah punya data terkait masalah di sana.

“Bahannya saya kasi saya sudah beritahu,” bebernya.

Persoalan tambang di Sultra, lanjut La Ode, begitu kompleks terlebih pemiliknya banyak dari luar. Data yang dikantongi KPK, hanya ada 2 orang Sultra memegang izin ekspor itu pun hanya atas nama saja.

“Pemiliknya (tambang) nda banyak orang sini, orang jakarta semua. Yang dapat banjirnya kita, orang luar dapat untungnya,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...