Pemkab Buteng Susun RDTR dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Labungkari

455
H. Konstantinus Bukide

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) saat ini sedang menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi Kawasan Strategis Perkotaan Labungkari untuk pembangunan 20 tahun kedepan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng H Kostantinus Bukide mengatakan, kegiatan tersebut merupakan momentum agar Kabupaten Buteng kedepan lebih baik lagi.

- Advertisement -

Kata dia, beberapa waktu lalu Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Buteng 2019-2039, telah ditetapkan DPRD Buteng. Makanya saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Perumahan Rakyat (PUTRPR) menyusun RDTR dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Labungkari.

Menurut jenderal ASN di Buteng ini, Kabupaten Buton Tengah lebih maju satu langkah dari dua daerah kembarnya. Yakni Muna Barat dan Buton Selatan.

“Buteng Sudah memiliki RTRW sekarang kita melangkah ke Rencana Detail Tata Ruang,” jelasnya.

Ia berharap, setelah penyusunan dokumen tersebut selesai, nantinya Pemkab Buteng akan membuat lagi aturan-aturan sehingga Kabupaten Buteng kedepan akan lebih cepat dalam pengendalian ruang. Hal ini terlihat sudah masuk dalam konsultasi tahap II.

Oleh sebab itu, dia berharap, dokumen tersebut dapat tersusun dengan baik dan bersifat aplikatif sesuai kebutuhan daerah.

Konstantinus mengakui, Buton Tengah masih memiliki banyak ruang yang bisa di atur pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sehingga hal ini diharapkan, mampu mendukung potensi unggulan Buteng seperti sektor perikanan dan kelautan.

Kemudian sektor perkebunan, Kabupaten Buton Tengah memiliki potensi jambu mette yang sudah terkenal. Ada juga sektor pariwisata baik pariwisata alam maupun budaya.

Semua potensi itu, lanjut Konstantinus, akan masuk dalam dokumen RDTR. Sehingga kedepan pengelolaan sumber daya alam betul-betul sesuai dengan harapan dan cita-cita masyarakat Buteng.

“Kita harapkan dokumen yang akan disusun, menjadi harapan potensi-potensi yang kita miliki dapat terkelolah dengan baik,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...