Ritual Picundupia Meriahkan Pesta Adat Pasarwajo Buton

293
Gubernur Sultra Ali Mazi saat meneteskan darah ayam ke kepala bayi dalam rangkaian ritual Picundupia di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, Minggu 1 Desember 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ribuan warga Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton menggelar ritual adat Picundupia, Minggu 1 Desember 2019.

Ritual ini dilakukan dengan memotong ayam. Kemudian darah ayam diteteskan ke kepala bayi. Hal ini diyakini dapat memberikan kesehatan, keselamatan, panjang umur, rezeki dan lain-lain kepada sang bayi.

Advertisements
- Advertisement -

Saat menghadiri acara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi meminta agar tradisi tersebut dipertahankan dan dikembangkan agar menjadi ikon wisata.

“Sebagai gubernur saya apresiasi terhadap kegiatan ini,” ujarnya.

Kata dia, tradisi tersebut merupakan peninggalan leluhur yang masih dipelihara dan dikembangkan turun-temurun. Namun perlu dilakukan perbaikan sehingga pelaksanaannya terlihat sakral.

“Saya imbau kepada Pemda Buton perlu dilakukan perbaikan. Rehab tempat pelaksanaanya sehingga dalam pelaksanaannya terlihat lebih sakral karena ini adat dan budaya yang betul-betul harus dipelihara,” pintanya.

Kegiatan seperti ini, lanjut Ali Mazi, tidak akan ditemukan di kota lain di Indonesia karena hanya ada di Kabupaten Buton. Sehingga kegiatan ini perlu dipelihara.

“Saya minta Kadis Pendidikan Provinsi Sultra agar dibuatkan sesuatu (kegiatan Picundupia) agar menjadi salah satu ikon budaya yang ada di Buton,” tambahnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa menjadi perhatian yang serius. Sehingga bisa maju dan berkembang. Apalagi bila ada tamu dari dalam dan luar negeri yang menyaksikan kegiatan tersebut.

“Kembangkan sehingga jadi ikon Kabupaten Buton, ini tradisi yang ditinggalkan leluhur jadi potensi yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Ritual Picundupia adalah salah satu tradisi dalam rangkaian pesta adat dua tahunan di Pantai Wajo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Tradisi ini menampilkan ritual pemotongan ayam untuk bayi. Dimana darah ayam tersebut akan diteteskan ke dahi setelah di doakan tokoh adat Pasarwajo.

Baca Juga :  Rangkaian Festival Budaya Tua Buton, 219 Anak Ikut Sunatan Massal

Pascaritual Picundupia ini akan dirangkaikan dengan acara gendang-gendang di Baruga hingga acara puncak pesta adat dengan membawa talang berisi makanan di Baruga Pasarwajo.

Tradisi Picundupia dilakukan dengan mengikuti serangkaian ritual adat dan doa bersama. Sebagian warga juga ada yang memanfaatkannya dengan mandi-mandi di sepanjang Pantai Wajo.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...