Pilot dan Pramugari Jalani Tes Urine di Bandara Halu Oleo

319
Pilot dan pramugari di Bandara Halu Oleo Kendari menjalani tes urine. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Personel gabungan Ditresnarkoba Polda Sultra, BNNP, Dishub dan Jasa Raharja serta  Dinas Kesehatan melakukan tes urine terhadap pilot dan pramugari di Bandara Halu Oleo, Senin 23 Desember 2019.

Tes urine merupakan bagian dari rangkaian operasi lilin 2019 menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Tidak hanya di bandara, personel gabungan juga melakukan tes urine kepada sopir  di Terminal yang ada di Kendari.

- Advertisement -

Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sultra, AKBP Abdul Kadir mengatakan, tes urine dilakukan di bandara dan terminal untuk memberikan jaminan keselamatan bagi penumpang pesawat dan penumpang penumpang mobil antar kabupaten antar provinsi (AKAP) jangan sampai ada yang menggunakan atau menyalahgunaan narkoba.

“Kami melakukan tes urine di Bandara HLO nyasar ke pilot dan pramugari dari berbagai maskapai penerbangan. Total 20 orang menjalani tes urine itu,” jelas Abdul Kadir, Senin 23 Desember 2019.

Dari 20 orang yang dilakukan tes urine, semua hasilnya negatif. Personel gabungan juga melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Selain di Bandara, tes urine di lakukan di dua terminal di Kota Kendari yakni terminal Baruga dan terminal Puuwatu. Di dua terminal itu, tim gabungan menyasar sopir mobil dan penumpang mobil antarkabupaten antarprovinsi (AKAP).

“Hasilnya, di terminal Puuwatu dari 13 orang menjalani tes urin kesemuanya negatif. Pengguna alkohol 20 orang diuji, dua orang positif menggunakan alkohol,” sambung Abdul Kadir.

Kemudian, di terminal Baruga lima orang menjalani tes urine. Hasilnya, semua negatif. Selain tes urine, personel melakukan razia jangan sampai ada yang membawa barang terlarang seperti narkoba.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kegiatan operasi lilin dalam perayaan Natal dan Tahun Baru agar berjalan lancar,’ bebernya.

Disamping itu, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Jangan sampai ada sopir habis mengkonsumsi narkoba atau miras yang bisa membahayakan penumpang.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...