Kodim Kendari Kerahkan Babinsa Amankan Gereja dan Obyek Vital

Kodim Kendari Kerahkan Babinsa Amankan Gereja dan Obvit
Kodim Kendari Kerahkan Babinsa Amankan Gereja dan Obvit. (Dok Kodim Kendari)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1417 Kendari kerahkan Babinsa untuk melaksanakan pengamanan  di sejumlah Gereja di Kota Kendari. Selain gereja, Babinsa juga mengamankan obyek vital (Obvit).

Babinsa juga memantau situasi keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di wilayah binaannya yang menjadi teritorialnya dan menempati pos terpadu di titik rawan serta membackup kepolisian dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

-Advertisement-

Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Infanteri Alamsyah mengatakan, selain mengamankan sejumlah gereja, personel gabungan TNI-Polri dan pihak terkait juga mengisi pos pengamanan terpadu yang tersebar untuk memantau situasi Kamtibmas.

“Juga memberikan rasa aman kepada warga yang merayakan Natal dan Tahun Baru di wilayah teritorial Kodim 1417/Kendari,” jelas Almasyah, Rabu 25 Desember 2019.

Kata Alamsyah, sebanyak 19 Pos pengaman terpadu yang tersebar di dua Kabupaten/kota. 1 kota, 13 pos pam di Kota Kendari, 4 pos pam di Kabupaten Konawe dan  2 pos pam di Kabupaten Konsel..

“Penempatan Babinsa di gereja, di sesuaikan wilayah binaan masing-masing. Hal ini di maksudkan dalam memudahkan penguasaan wilayah binaan,” sambung Alamsyah.

Dandim menambahkan, babinsa yang tidak terlibat dalam pengamanan gereja, akan melakukan patroli dan pemantauan sekitar daerah yang dianggap rawan dan gangguan kamtibmas di wilayah binaannya. Karena pengamanan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat dan pihak yang terkait, tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab bersama.

“Kegiatan ini akan berlangsung sampai tahun baru usai, mudah-mudahan berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bagian pembinaan teritorial. Dimana, Babinsa mampu menciptakan situasi yang aman dan kondusif dengan melaksanakan pengamanan gereja dan obyek vital.

Penulis : Onno

Facebook Comments