100 Hari Randi-Yusuf, Mahasiswa Bakar Foto Kapolri dan Kapolda Sultra

Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Ratusan orang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Yusuf-Randi melakukan aksi dengan menginjak-injak lalu membakar foto bergambar Kapolri Jenderal Idham Azis serta Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam, Minggu 5 Januari 2020.

Aksi ini dilakukan di kampung halaman almarhum Muh Yusuf Kardawi di Tugu Garuda Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna.

Yudin mengaku, aksi ini sebagai bentuk kekecewaan terhadap lambannya proses hukum dalam menyelesaikan kasus kematian dua mahasiswa UHO pada 26 September 2019 lalu.

“Aksi ini juga mengenang tepat 100 hari kematian almarhum Randi dan Yusuf Kardawi akibat luka tembak dari senjata pihak kepolisian pada saat unjuk rasa berbagai macam revisi undang-undang,” katanya.

Dalam aksi kampanye ini, lanjut Yudin, dihadiri sekitar ratusan massa yang datang dari berbagai macam kalangan baik mahasiswa, pelajar, maupun dari masyarakat.

“Ibunda almarhum Yusuf Kardawi turut hadir menyampaikan kekecewaannya terhadap pihak kepolisian yang sampai hari ini belum menetapkan tersangka di balik kematian Yusuf Kardawi,” jelasnya.

Yudin menyebut, tuntutan mahasiswa adalah meminta Kapolri untuk membebastugaskan mantan Kapolda Sultra, mantan Dirkrimum Polda Sultra, mantan Kapolres Kendari atas dugaan keterlibatan dalam struktur jalur komando dalam peristiwa penembakan pada 26 September 2019.

“Kedua, meminta kepada Kapolri untuk menyeselesaikan seluruh persoalan hukum dalam peristiwa kematian dua mahasiswa UHO sekurang-kurangnya sampai akhir Januari 2020. Ketiga, meminta kepada Kapolda Sulawesi Tenggara menetapkan tersangka atas kematian Yusuf Kardawi sekurang-kurangnya sampai akhir Januari 2020,” tutup Yudin.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sultra AKBP Nur Akbar belum mengetahui adanya pembakaran foto Kapolda Sultra dan Kapolri.

“Saya cek dulu, info ditangani polda atau polres kdi,” singkat Nur Akbar melalui pesan Whatsappnya.

Penulis : Pandi

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...