Sekda Mubar Keluarkan Edaran Pencabutan SK Kades soal Pergantian Perangkat Desa

2547
 

Laworo, Inilahsultra.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna Barat mengeluarkan surat edaran pencabutan surat keputusan (SK) kepala desa tentang pergantian perangkat desa.

Sebelumnya, sebanyak 81 desa di Kabupaten Muna Barat (Mubar) dilantik resmi oleh bupati Mubar LM Rajiun Tumada.

- Advertisement -

Pasca-pelantikan itu, kepala desa mulai menjalakan tugas dan membuat perencanaan berdasarkan APBDesa yang suah ditetapkan.

Dalam kebijakanya, tidak sedikit juga kades melakukan pergantian perangkat desa untuk membatu menjalankan program yang ada.

Namun di tengah perjalanan, para Kades yang kadung melakukan pergantian harus mencabut SK yang dibuat. Hal itu, sesuai dengan perintah seperti yang ada dalam surat edaran Sekertaris Daerah Mubar, LM Husein Tali.

Dalam surat edaran yang diterima jurnalis Inilahsultra.com, surat itu dengan Nomor : 140/ 297/2020 bahwa Sekda Mubar menegaskan untuk segera melakukan pencabutan SK Kades tentang pemberhentian perangkat desa.

Dalam surat itu, seluruh kades diminta memperhatikan surat penegasan pemerintah daerah nomor 130/132 tanggal 2 Februari 2020 perihal pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Maka sehubungan dengan itu, Jendral ASN Mubar ini menegaskan kepala desa agar memperhatikan tiga poin seperti yang ditulis dalam surat edaran yang dikeluarkan pada 15 April 2020 lalu.

“Sehubungan dengan huruf a sampai dengan huruf c tersebut di atas, diminta kepada saudara untuk tidak menerbitkan SK sementara dan pengangkatan perangkat desa sampai dengan terbentuknya kades yang defenitif sesuai dengan Perbub No 12 tahun 2020,” tulis surat tersebut.

Terkait dengan desa yang menerbitkan SK pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa diperintahkan dalam kurun waktu 2×24 jam untuk dicabut dan hasilnya langsung dilaporkan kepada Bupati Mubar.

Penulis : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...