WALHI Sultra Akan Turun Segel Tambang Bermasalah

646
 

Kendari, Inilahsultra.com Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan turun menyegel tambang dan perkebunan sawit bermasalah di Bumi Anoa.

Direktur Eksekutif WALHI Sultra Saharuddin menyatakan jika perusahaan tambang dan perkebunan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengabaikan aturan lingkungan hidup, pihaknya akan kampanyekan secara internasional.

- Advertisement -

“Dua sektor ini, pertambangan dan perkebunan banyak yang tidak mematuhi aturan lingkungan hidup,” terang Saharuddin saat ditemui di kantornya, Kamis 2 Juli 2020.

Salah satu yang akan disegel adalah aktivitas pertambangan yang ada di Blok Matarape, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Berdasarkan penelusuran Walhi Sultra, blok Matarape sudah digarap sekitar 100 hektare. Sebanyak tujuh titik digarap dan penambang melakukan aktivitas dalam kawasan hutan produksi.

“Sebenarnya, aktivitas ilegal mining, menjadi rana dinas ESDM, Kepolisian. Apalagi disana pernah dipasang police line dan ada peringatan untuk tidak melakukan aktivitas, tapi buktinya masih melakukan aktivitas,” ujarnya.

Saharuddin meminta kepada industri pertambangan dan perkebunan agar taat kepada aturan lingkungan hidup.

“Bila diindahkan, maka dua minggu ke depan kita akan segel atas nama lingkungan hidup,” tegasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...