Pengurus LAT Sultra 2020-2025 Resmi Dikukuhkan, Siap Dukung Pembangunan AMAN

1058
 

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 250 pengurus (Pomberehu’a) Pengurus Lembaga Adat Tolaki (LAT), Sulawesi Tenggara (Sultra) masa bakti 2020-2025 resmi dikukuhkan, di Hotel Azizah Syariah Kendari, Rabu 26 Agustus 2020

Pengukuhan pengurus LAT Sultra sesuai dengan surat keputusan nomor 01/kps/LAT/2020 tentang susunan organisasi Lembaga Adat Tolaki. Kemudian pengukuhan tersebut
memperhatikan protokol kesehatan dan semua pengurus telah mengikuti rapid test.

- Advertisement -

“Pada dasarnya LAT siap dan bersifat terbuka dalam mendukung semua pembangunan daerah. Kami juga siap bekerja sama dengan pemerintah dan berkomitmen untuk mewujudkan Sultra yang lebih maju,” kata Ketua Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra, Masyhur Masie Abunawas.

Secara kelembagaan, lanjut dia, LAT
tidak pernah terlibat dalam Pilkada, tapi LAT akan berkontribusi secara positif dalam setiap momentum Pilkada.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPP LAT Sultra meminta perhatian Gubernur Sultra H. Ali Mazi dalam menjaga keberlangsungan adat istiadat Kalosara.

Selain itu, LAT juga akan terus mendukung program pembangunan budaya yang dicanangkan pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas di Bumi Anoa.

“Atas nama lembaga sekiranya gubernur dapat memberikan perhatian kepada LAT Sultra dalam mendukung keberlangsungan organisasi kami dan mendukung program bapak gubernur Sultra Berbudaya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra H. Ali Mazi mengatakan, pengukuhan ini mengawali tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh pengurus dalam Keberadaan lembaga dan diharapkan tradisi adat yang diwariskan secara turun temurun dapat terjaga.

“Kalosara tidak dimiliki oleh daerah lain, hanya ada di Bumi Anoa. Ini merupakan budaya peninggalan leluhur, karena dengan kalosara kita bisa melakukan harmonisasi dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Pada prinsipnya, kata orang nomor satu di Sultra ini menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membantu Kalosara.

“Kita siap membantu untuk menjaga keberlangsungan LAT, tetapi kalau tidak ada permintaan pasti susah. Oleh karena itu, harus ada permohonan,” jelasnya.

Dalam pengukuhan tersebut dihadiri
Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Shaleh, Pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal Andi Sumangerukka, Danrem 143/Halu Oleo, Kolonel Inf Jannie Aldrin Siahaan,
Kapolda Sultra Irjen Pol Merdisyam dan sejumlah pejabat daerah.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...