Pemprov dan BPS Godok Satu Data Sultra

198
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Implementasi Satu Data Indonesia (SDI) dan rencana pembentukan Forum SDI Sultra di Azizah Syariah Hotel Kendari, Kamis 17 Desember 2020.

Rakor ini digelar sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia. Rakor ini dibuka Sekda Sultra Nur Endang Abbas.

- Advertisement -

Dalam sambutannya Nur Endang Abbas menyatakan pentingnya forum Satu Data Sultra sebagai wadah berkolaborasi membahas peningkatan kualitas data sektoral, terutama data-data strategis pembangunan.

“Selain itu sebagai tempat saling berbagi informasi dan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data yang dihasilkan,” ujarnya.

Nur Endang mengatakan, peningkatan kualitas dimulai dari data strategis dan banyak diperlukan. Misalnya data sektor pendidikan, pertanian, kesehatan, dan sosial. Sehingga akan menghasilkan rumusan kebijakan yang tepat sasaran dan tepat guna untuk pembangunan.

Nur Endang berharap, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus bersinergi dengan BPS sebagai Pembina Data, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai Walidata, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai koordinator demi terwujudnya Satu Data Sultra dalam upaya mendukung Satu Data Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, berdasarkan Perpres Satu Data Indonesia Pasal 21 Ayat (2) menyatakan bahwa setiap pemerintah daerah hanya memiliki 1 (satu) instansi daerah yang melaksanakan tugas Walidata tingkat daerah untuk mengelola dan menyebarluaskan data. Instansi yang dimaksud adalah Dinas Kominfo Sultra.

Editor: Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...