Peringatan HAB, Wabup Buton Ingatkan Pentingnya Persaudaraan

239
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Wakil Bupati Buton Iis Elianti bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) RI Ke -75 Tingkat Kabupaten Buton Tahun 2021. Upacar digelar di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Buton, Selasa 5 Januari 2021.

Upacara tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

- Advertisement -

Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema ” Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju.

“Saya ingin mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama,” kata Wakil Bupati Buton Iis Elianti saat menyampaikan sambutan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Semangat Kemenag Baru tersebut dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. “Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” katanya.

Sebagai bukti keseriusan dalam perbaikan tata kelola, Kemenag berkomitmen memberikan apresiasi terhadap setiap praktik baik dalam layanan birokrasi.

Kedua, penguatan moderasi beragama. “Penekanan moderasi beragama antara lain adalah pada aspek penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan,” kata Mantan Anggota DPRD Buton ini.

Ketiga, mengokohkan persaudaraan. “Ini meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se-Tanah Air, dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” lanjutnya.

“Mari kita kedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang. Dan mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” tambahnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...