Ekspansi ke Baubau, Alfamidi Terkendala Izin

173
Salah sati outlet Alfamidi di Kota Baubau.

Baubau, Inilahsultra.com- Alfamidi salah satu toko modern yang hampir tersebar di seluruh Indonesia melirik Kota Baubau sebagai lokasi yang menjanjikan untuk berinvestasi.

Namun niat tersebut mendapat kendala karena Alfamidi tak kunjung mengantongi atau melengkapi izin untuk beroperasi.

- Advertisement -

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Baubau Suarmawati menuturkan, pihaknya meyakini jika Alfamidi yang hendak membangun sejumlah toko di Baubau belum mengantongi izin.

Hal tersebut menjadi alasan yang membuat Alfamidi dilarang untuk beroperasi di Kota Baubau. Jika permohonan lengkap, lanjut Suarmawati, akan segera ditindaklanjuti dan itu berlaku bagi semua yang hendak mengajukan permohonan izin di Kota Baubau.

“Mau beroperasi bagaimana kalau Alfamidi belum punya izin. Mulai SITU/SIUP bahkan izin membangun di Kota Baubau,” tuturnya.

Dalam pemenuhan izin, Suarmawati memastikan pihaknya melakukan dengan teliti dan telah melalui sejumlah kajian. Hal itu dilakukan dalam semangat Pemkot Baubau untuk menata Kota Baubau sesuai peruntukannya.

“Kita hanya menerbitkan surat izin operasi, sedangkan yang melakukan kajian itu dari instansi teknis baik itu Dinas PUPR dan juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan kalau seumpama bangunan itu merupakan toko atau tempat penjualan,” lanjutnya.

Dari informasi yang beredar, urai dia, Alfamidi baru mengantongi izin prinsip untuk membangun puluhan otlet (toko) dari Pemkot Baubau. Sementara rekomendasi instansi teknis baik itu rekomendasi dari Dinas PUPR dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan belum juga dipenuhi oleh perusahaan tersebut.

“Kalau rekomendasi dari PUPR itu terkait Ficibiliti Study (FS) yang berkenaan tentang zonasi penataan dan peruntukan ruangnya. Apakah dilokasi yang dimaksud Alfamidi itu bisa dibangun dan beroperasi atau tidak. Setelah semua terpenuhi dari rekomendasi instansi teknis itu maka tidak ada alasan untuk kami tidak menerbitkan izin tersebut,” urainya.

Dia menambahkan, kehadiran Alfamidi nampaknya sempat mendapat penolakan dari sejumlah kalangan, salah satunya dari mahasiswa.

Alfamidi diyakini dapat mematikan perekonomian pedagang kecil yang ada disekitar lokasi pembanguan toko modern itu.

“Selain belum mengantongi izin, Alfamidi juga ternyata sempat mendapat penolakan di kalangan mahasiswa. Terlepas dari itu semua untuk dapat beroperasi maka Alfamidi harus memenuhi seluruh kelengkapan dokumen yang diperlukan oleh Pemkot Baubau,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...