PT Pelni Hadirkan Rumah Kelola Sampah di Baubau

45
Asisten II Setda Kota Baubau Ibnu Wahid saat pengguntingan pita peresmian Rumah Kelola Sampah (RKS) PT Pelni yang didampingi Kepala Cabang Pelni Baubau serta beberapa unsur lainnya, Rabu 9 Juni 2021.

Baubau, Inilahsultra.com – Kota Baubau menjadi kota ketiga di Indonesia yang menjadi lokasi peluncuran program Rumah Kelola Sampah (RKS) oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

RKS yang merupakan CSR PT Pelni melalui program bina lingkungan yang terletak di Kelurahan Kadolokatapi Kecamatan Wolio ini diresmikan oleh Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing secara virtual, Rabu 9 Juni 2021.

- Advertisement -

Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing menuturkan, program bina lingkungan RKS bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga, termasuk sampah dari Kapal Pelni untuk diubah menjadi barang bernilai jual.

“Kota Baubau merupakan kota ketiga di Indonesia yang dibangun RKS karena hampir semua armada PT Pelni sandar atau pun singgah di Pelabuhan Baubau, dengan begitu cukup menghasilkan sampah,” tuturnya.

Selain pemberdayaan untuk masyarakat, lanjut dia, keberadaan RKS ini juga berperan sebagai agen pembangunan, yang turut aktif memberikan bimbingan, bantuan dan edukasi.

“Dengan harapan, kehadiran RKS ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar, khususnya menghadirkan lingkungan yang sehat dan memiliki nilai tambah dari sampah rumah tangga yang dihasilkan,” ujarnya.

Sementara itu Asisten II Setda Kota Baubau Ibnu Wahid saat mewakili Wali Kota Baubau mengapresiasi langkah dari PT Pelni karena menghadirkan RKS yang pengelolaanya memberdayakan masyarakat sekitar.

“Pemkot Baubau siap bersinergi, utamanya dalam hal distribusi dan pemasaran produk dari RKS,” tandas Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau ini.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...