Kebut Vaksinasi, Baubau Libatkan Seluruh Puskesmas

18
Rahmat Tuta

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus bergerak dalam memenuhi kekebalan komunal (herd immunity) masyarakatnya melalui program vaksinasi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau Rahmat Tuta menuturkan, pihaknya gencar melakukan vaksinasi agar masyarakat memiliki imun yang kuat (kekebalan tubuh) dan terhindar dari paparan Covid-19.

- Advertisement -

Bahkan, Dinkes Baubau mewajibkan seluruh Puskesmas yang berjumlah 17 Puskesmas di Kota Baubau harus melayani vaksinasi Covid-19. Selain melibatkan seluruh Puskesmas, Dinkes Baubau juga bekerjasama dengan Polres Baubau.

“(Puskesmas) wajib layani vaksinasi tapi jadwalnya disesuaikan agar pelayanan pemeriksaan poli umum bagi pasien yang ingin berobat tidak terganggu,” tuturnya, Jumat 17 September 2021.

Kata dia, vaksinasi ini terus dikebut dengan menyasar semua kalangan yang masuk daftar wajib vaksin mulai dari remaja usia 12 tahun keatas hingga Lansia (Lanjut Usia).

“Karena persentase vaksinasi saat ini dari target 120.281 orang, baru 35.755 orang untuk dosis pertama atau 29,7 persen. Sedangkan untuk dosis kedua itu baru 19.823 orang atau 17 persen,” ujarnya.

Asisten I Setda Baubau ini berharap program vaksinasi ini dapat diselesaikan dengan cepat agar masalah Covid-19 bisa segera diatasi.

“Harapannya tahun ini target vaksinasi bisa tercapai, dengan begitu Insya Allah Corona ini perlahan-lahan akan hilang. Tapi kembali lagi pada keinginan (kemauan) masyarakat untuk di vaksin, karena tidak mungkin juga kita pergi tarik-tarik (paksa) mereka divaksin,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...