Empat Limbo di Baubau Masuk 500 Besar Anugerah Desa Wisata

83
Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ahmad Yani.

Baubau, Inilahsultra.com – Dari 3.419 desa wisata di seluruh Indonesia yang mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022, empat Limbo yang ada di Kota Baubau berhasil tembus 500 besar.

500 besar ADWI 2022 ini diumumkan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu malam 20 April 2022.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pariwisata Baubau Idrus Taufiq Saidi melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Ahmad Yani menuturkan, ada enam Limbo yang didaftarkan dalam ajang ADWI 2022 ini. Namun yang lolos verifikasi 500 besar hanya empat Limbo.

“Empat Limbo yang lolos tersebut antara lain, Desa Wisata Limbo Bungi, Desa Wisata Limbo Wolio, Desa Wisata Limbo Samparona dan Desa Wisata Limbo Wantiro,” tuturnya, Kamis 21 April 2022.

Dalam ajang ADWI 2022 ini, lanjut dia, ada tujuh kriteria yang menjadi poin penilaian para juri. Mulai dari, daya tarik wisata, home stay, konten digital kreatif, souvernir, toilet, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainabillity), dan kelembagaan.

“Nah untuk di empat Limbo yang lolos tadi, tujuh kriteria tersebut sudah tersedia. Tergantung penilaian juri kedepan nanti seperti apa,” ujarnya.

Dengan adanya ADWI ini, kata dia, diharapkan masyarakat yang ada dalam desa wisata ini lebih tergerak lagi dalam mempromosikan desa wisatanya agar ekonomi dapat tumbuh dan bangkit melalui desa wisata tersebut.

“Saat ini kita sementara menunggu hasil tahapan selanjutnya yakni tahapan 300 besar, kemudian tahapan 100 besar hingga 50 besar. Mudah-mudahan empat Limbo ini bisa bertahan sampai akhir,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...