Disperindag Sultra Gelar Pasar Murah

Disperindag Sultra menggelar pasar murah mulai 13-17 Maret 2023 di Lapangan Kantor Disperindag Sultra.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pasar murah, Senin 13 Maret 2023.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, La Ode Muh Fitrah Arsyad mengatakan, Pemerintah Provinsi Sultra melalui Disperindag bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) menggelar pasar murah menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN).

“Tentunya dengan harapan kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri minimal bisa mengurangi beban masyarakat yang sekarang kita tau biasanya harga-harga itu relatif tinggi,” ungkapnya.

Dalam kegiatan pasar murah tersebut, pihaknya mengundang secara langsung 13 distributor dan 2 BUMN untuk menjual sesuai harga pokok yang ada di distributor.

“Selisih harga di pasar lumayan jauh, contohnya misalkan harga gula pasir kita jual Rp 13.500, paling tinggi Rp 14 Ribu yang ada di Hypermart yang premium, sedangkan di pasar sudah mencapi harga Rp 15 Ribu hingga 17 Ribu,” bebernya.

Kemudian beras, lanjut dia, harga beras di jual dengan harga murah yakni Rp 48 ribu, sedangkan di pasar terjual dengan harga Rp 60 Ribu hingga Rp 65 Ribu.

Namun, untuk membeli beras juga ada batasan yaitu setiap orang hanya bisa membeli 10 Kilogram. Sebab, melihat harga beras yang masih tinggi.

“Setiap orang hanya beli 10 kilogram beras, karena takutnya yang datang belanja adalah pedagang, sehingga mereka menjual kembali ke tempat mereka,” tuturnya.

“Inilah harapan kami bahwa kegiatan ini kita laksanakan satu minggu penuh agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan mereka menjelang Ramadan,” tambahnya.

Diketahui, kegiatan pasar murah ini digelar selama empat hari mulai 13-17 Maret 2023 di Lapangan Kantor Disperindag Sultra. (B)

Berikut bahan pokok yang dijual:

  • Beras 5 kg harga Rp 48 ribu
  • Minyak Goreng Rp14 ribu/liter
  • Gula Pasir Rp 13.500/kilogram
  • Telur Ayam Rp 52 Ribu/rak
  • Bawang Merah Rp 30 Ribu/kg
  • Bawang Putih Rp 30 Ribu/kg

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments