Belum Ada Respon Pj Gubernur Sultra, Dinas PUPR Butur Tetap Lakukan Pengaspalan Jalan Provinsi

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Butur, Ir Zalman, ST, MT.
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buton Utara (Butur) tetap akan melakukan pengaspalan jalan poros Lambale-Ereke tepatnya di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu meskipun poros tersebut berstatus jalan provinsi.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Butur, Ir. Zalman, ST, MT mengatakan, pengaspalan akan dilakukan dalam waktu dekat, meskipun Pj Gubernur Sultra dan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Sultra belum memberikan jawaban atas surat yang dilayangkan Bupati Butur pada 10 November 2023 lalu.

“Jadi Jalan Eelahaji itukan jalan provinsi, jelas itu kewenangan mereka (Pemprov Sultra). Yang lalu inikan kita tau semua, demo yang cukup masif. Mereka menuntut supaya di aspal, apalagi ditambah ada masyarakat yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) gara-gara debu.  Sehingga kami melakukan langkah-langkah untuk mengatasi,” kata Zalman di ruang kerjanya, Senin 4 Desember 2023.

Menurut Zalman, surat yang dilayangkan ke Pj Gubernur Sultra itu meminta izin agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur melakukan penanganan jalan rusak tersebut sehingga tidak bermasalah dibelakang hari.

“Karena hasil konsultasi kami ke BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan) dan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) tetap itu akan menjadi permasalahan karena itu belanja modal dan asetnya akan dipertanyakan karena aset provinsi,” terang Zalman.

Meski begitu, lanjut Zalman, BPKP dan BPK mengizinkan dilakukan penanganan asal mendapat persetujuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

“Nah, sampai hari ini surat yang kami kirimkan ke Pj Gubernur Sultra maupun Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber daya Air belum dibalas,” tuturnya.

Zalman menjelaskan, pengaspalan jalan tersebut dilakukan dengan sistem swakelola. Pengaspalan akan menggunakan material Butur Seal, bukan hotmix seperti layaknya jalan provinsi.

Sebelumnya, warga Desa Eelahaji melakukan aksi unjuk rasa dan melakukan pemblokiran jalan beberapa waktu lalu. Warga akhirnya membuka blokir jalan setelah Bupati Butur Ridwan Zakariah turun menemui warga dan berjanji akan melakukan pengaspalan pada tahun 2023 ini. (Din)

Facebook Comments