Kajati Sultra Kunjungi Buton, Ingatkan Tugas TP4D

Bacakan

Kajati Sultra Azhari SH MH mengunjungi Kabupaten Buton, Kamis, 2 November 2017.


Pasarwajo, Inilahsultra.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra Azhari SH MH melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Buton, Kamis, 2 November 2017. Kunker ini dirangkaikan sosialisasi tugas Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

-Advertisement-

Azhari menjelaskan, dalam TP4D sebagaimana instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 2015, fungsi kejaksaan bukan hanya pada penindakkan kasus hukum, melainkan juga fokus pada fungsi pencegahan.

“Kejaksaan juga lebih preventif sekarang,” katanya.

Pencegahan, lanjut Azhari, bisa berwujud pendampingan hukum kepada pemerintah daerah. Sehingga bisa dipastikan pengelolaan anggaran negara tepat sasaran dan tidak menyalahi aturan. Namun dalam persoalan ini, kejaksaan tidak akan melakukan intervensi.

“SKPD bisa lebih proaktif dalam melakukan koordinasi dengan kejaksaan terkait pendampingan hukum,” paparnya.

Sasaran TP4D, jelas Mantan Wakajati Jambi ini adalah memacu kinerja pemerintah daerah agar lebih efektif memanfaatkan anggaran yang ada. TP4D juga mendorong agar serapan anggaran pemerintah daerah semakin maksimal.

“Serapan anggaran harus berdampak pada kemakmuran masyarakat,” sambungnya.

Plt. Bupati Buton La Bakry menyambut hangat kunjungan Kajati Sultra itu. Pemerintah daerah, sambung La Bakry, akan berupaya melakukan koordinasi dengan kejaksaan.

Ia berharap, dengan pembentukan TP4D pengelolaan keuangan negara semakin efektif dan jauh dari penyimpangan hukum.

Bagi La Bakry, hal yang paling penting adalah semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tidak bermain-main dengan anggaran daerah sehingga bisa terhindar dari kasus hukum.

Reporter: Nia
Editor: Din

Facebook Comments