Jumlah KK Miskin Capai 16.170, Dinsos Buton Lakukan Pendataan Ulang

Asnawi
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton akan mendata kembali jumlah warga miskin. Pasalnya, data yang ada saat ini masih menggunakan data tahun 2011 lalu sehingga dianggap sudah tidak relevan.

Kepala Dinsos Kabupaten Buton Asnawi menyebutkan, data dari Kementrian Sosial, jumlah penduduk miskin di Buton sebanyak 73.360 jiwa dengan 16.170 kepala keluarga (KK). Data ini hasil pendataan terpadu yang dilakukan tahun 2011 melalui PN2K dan Badan Pusat Statistik (BPS).

-Advertisement-

“Dari pendataan 2011 keluar data terpadu itu dan yang menentukan KK miskin itu Kementerian Sosial,” ujarnya.

Untuk melakukan verifikasi data, lanjut Asnawi, seluruh kepala desa dan lurah telah diundang pada Senin 10 September 2018. Mereka diundang karena lebih mengetahui kondisi masyarakat. Sehingga data akurat yang diperoleh bisa dikirim ke Kementerian Sosial secepatnya.

“Karena kondisi saat ini, bisa saja ada penduduk miskin yang lalu sudah merantau, pindah atau meninggal,” urainya.

Dari data tersebut, kata Asnawi, akan ditentukan penerima bantuan dari Kemensos, baik melalui program keluarga harapan (PKH), beras sejahtera (Rastra) dan program lainnya yang ada pada Dinas Sosial.

Menurut Asnawi, khusus penerima bantuan PKH saat ini berjumlah 4.913 orang. Jumlah itu masuk dalam data 16.170 KK miskin.

Asnawi mengungkapkan, belum diketahui jumlah masyarakat miskin yang ada di Buton saat ini. Apakah mengalami pengurangan atau justeru bertambah. Pasalnya, saat ini sedang dilakukan verifikasi data yang dikirim oleh Kemensos.

“Dengan verifikasi data ulang oleh kepala desa dan lurah, data akan diperoleh dengan baik sebagai laporan di Kemensos untuk mengetahui jumlah penduduk yang masih perlu bantuan dari pemerintah,” terangnya.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Facebook Comments