Olahan Kabuto Jadi Es Krim, Bawa PPK Muna Juara 1 Festival Pangan Lokal

PPK muna memperlihatkan olahan pangan lokal dari Kabuto yang dilombakan di Festival Lomba Pangan Lokal Sultra.
Bacakan

Raha, Inilahsultra.com-Kreatifitas anggota PPK Kabupaten Muna mengola ubi Kayu kering atau biasa dikenal dalam bahasa daerah Kabuto, menjadikan es krim patut diapresiasi. Pasalnya, makanan lokal masyarakat ini membawah Kabupaten Muna menjadi juara 1 di Festival Lomba Pangan Lokal yang diselenggarakan oleh Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), belum lama ini.

Menurut Ketua PPK Kabupaten Muna, Yanti Setiawati Rusman melalui pesan whatsappnya, Kamis 8 Agustus 2019 menjelaskan, bahwa persiapan timnya dalam menghadapi lomba pangan lokal sangat matang, apalagi mendapat dukungan Pemda Muna. Sehingga menjadi juara 1 dan akan mewakili Sultra di lomba tingkat nasional.

-Advertisement-

“Ibu-ibu PKK sangat antusias dalam mengikuti lomba Festival Pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Sultra dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, sehingga memperoleh juara satu” katanya.

Istri dari Bupati Mua Rusman Emba ini menerangkan, bahwa anggota PKK memiliki home industri dibawah naungan PKK, dengan menghadirkan 45 jenis makan dari bahan Singkong/Ubi Kayu, Ubi Jalar, Jagung dan Keladi.

“Kabuto (Ubi Kayu kering), hasil karya ini merupakan inovasi baru yang tidak terpikirkan dibuat menjadi berbagai makanan, cemilan bahkan menjadi es krim. Es krim inilah yang menyakinkan para juri sehingga Muna mendapat juara 1,” tuturnya..

Usai mendapat juara, Muna tentunya bakal mewakili Sultra ditingkat nasional. Terkait hal itu, Yanti Setiawati menguraikan, pihaknya akan selalu siap mempersembahkan Es krim sebagai pelengkap hidangan nanti.

“Tapi kita tetap menunggu petunjuk dari provinsi. Intinya, kami siap mewakili Sultra dalam kategori olahan pangan lokal,” imbuhnya.

Dijelaskannya, PKK akan terus memaksimalkan hasil-hasil olahan yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang bahan dasarnya dari Kabuto, meliputi aneka rasa es cream, kue kering, steek, rool, kerupuk, rool ubi basah isi yogurt dan keladi goreng isi labu.

Reporter : Iman

Facebook Comments