Waspada Angin Kencang di Baubau

315
Ilustrasi. . (Infobekasi.co.id)

Baubau, Inilahsultra.com – Tiupan angin di Kota Baubau saat ini sangat ekstrim. Bagaimana tidak, berdasarkan catatan Stasiun Meteorologi Kota Baubau, kecepatan angin mencapai 22 knot setara 41 kilometer perjam.

Kepala Stasiun Meteorologi Baubau, Fatuhri menuturkan, saat ini kondisi angin di wilayah selatan Indonesia sedang dilanda angin yang cukup kuat.

- Advertisement -

Wilayah tersebut meliputi Laut Aru, Laut Flores dan sekitarnya, hingga ke bagian Selatan dan Tenggara Pulau Sulawesi.

“Angin ini memang akan dirasakan cukup kuat terutama pada daerah terbuka dan di ketinggian dengan kecepatan sekitar 40 km/jam,” tutur Fatuhri via whatsapp, Rabu 21 Agustus 2019.

Kata dia, walaupun kecepatan angin belum pada taraf bahaya, tetapi memang perlu diwaspadai karena dapat mengganggu aktifitas.

Dijelaskan, kondisi angin kencang ini dipicu oleh faktor cuaca regional yaitu adanya pusat tekanan tinggi di benua Australia, wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) dan ditambah lagi dengan adanya pusat tekanan rendah di timur Filipina, wilayah Belahan Bumi Utara (BBU).

Sesuai hukum dinamika udara, maka angin akan bertiup dari wilayah tekanan tinggi ke wilayah tekanan rendah. Saat ini, angin cenderung bertiup dari arah tenggara hingga timur, kemudian berbelok di sekitar garis equator ke arah utara dan timur laut.

Angin dalam musim ini dikenal sebagai angin monsoon Australia, karena massa udara nya bersumber dari benua Australia.
Kondisi ini adalah ciri khas pada bulan Juli hingga September dimana aliran Cross Equatorial Flow (aliran angin lintas khatulistiwa) dari BBS bertiup ke BBU.

“Pada beberapa hari ini memang nilai tekanan udara di Australia cenderung meningkat sehingga efeknya di daerah Sulawesi Tenggara (dan Baubau tentunya) kita rasakan angin kencang,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...