DPRD Sultra : Perusahaan China Sudah Rusak Alam, Jangan Lagi Bawa Penyakit

1314
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Komisi III DPRD Sultra Sudirman menyebut, sudah saatnya pemerintah mengambil tindakan tegas dengan menghentikan masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China untuk sementara.

Sebab, kata Sudirman, virus corona ini bermula dari Wuhan, Provinsi Hubei China yang kini menyebar di beberapa provinsi.

- Advertisement -

“Mereka sudah rusak jalan, rusak lingkungan kita, jangan bawa lagi penyakit di sini,” katanya dalam rapat koordinasi dengan lembaga terkait di DPRD Sultra, Selasa 28 Januari 2020.

Politikus PKS ini mengaku, tidak perlu ada lagi diskusi dan hanya menyiapkan alat scener suhu tubuh di pelabuhan dan bandara, sementara negara masih menerima masuknya TKA China.

“Jika virus ini masuk, pemerintah juga yang repot. Mereka datang di sini sudah rusak lingkungan malah kita urus virusnya. Tenaga kerja asing harus dihentikan sampai tidak ada lagi virus ini,” tuturnya.

Sementara itu, anggota dewan lainnya, Rasyid menyebut, data TKA masih simpang siur dan perlu diperjelas oleh dinas terkait.

“Ini sudah isu dunia. Lanud tadi menyatakan sekitar seribu orang yang masuk setiap hari. Sementara data lain berbeda. Artinya, data ini simpang siur,” jelasnya.

Ia juga menyoroti soal adanya 18 kapal luar negeri yang memiliki pekerja China sandar di beberapa pelabuhan di Sultra.

Kehadiran mereka, lanjut dia, harusnya diperiksa lebih dulu awaknya karena dikhawatirkan terjangkit virus corona.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh para pihak, mulai dari Asisten III Pemprov Sultra, Dinas Kesehatan, Dirut RSUD Bahteramas Kendari, TNI, Polda Sultra, Kejaksaan Tinggi Sultra, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Nakertrans dan anggota DPRD Sultra.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...