Meski Bertambah, Tiga Daerah di Sultra Bersih dari Virus Corona

502
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dari 17 Kabupaten Kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini terdapat tiga kabupaten bersih dari virus Corona.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sultra, Rabu 1 Juni 2020 pukul 17.00 WITa, kabupaten yang dinyatakan tidak ada kasus virus corona di Sultra, yaitu Kabupaten Muna Barat (Mubar), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Buton Utara (Butur) pasiennya sudah dinyatakan sembuh.

- Advertisement -

“Kasus sembuh hari ini bertambah satu orang dari Buton Utara dengan keseluruhan angka sembuh sebanyak 235 orang,” kata dr La Ode Rabiul Awal.

Selain kasus sembuh, kata Rabiul, hari ini ada tambahan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 42 orang semuanya dari Kabupaten Kolaka Utara. Sehingga total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 405 orang, kasus meninggal dunia tetap 6 orang dan yang menjalani perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit sebanyak 164 orang.

Lanjut Rabiul, 42 kasus baru di Kolaka Utara berasal dari satu orang yang bekerja di perusahaan tambang di daerah tersebut, yang dirawat karena PDP dan dilanjutkan pemeriksaan hasilnya positif.

Kemudian dilakukan pelacakan dan ditemukan dua orang yang kontak erat sesama pekerja tambang. Kemudian menyebar dan menjangkiti beberapa petugas medis ada di rumah sakit di daerah tersebut.

“Ada penyebaran dan transmisi di rumah sakit dan beberapa di antaranya adalah petugas rumah sakit,” ungkapnya.

Rabiul menuturkan, penularan dan penyebaran virus corona terus terjadi di tengah masyarakat. Untuk itu, ia mengimbau dalam menjalankan new normal tetap menjaga diri, menjaga orang lain dengan menjalankan protokol kesehatan.

“Menerapkan jaga jarak, pakai masker dan sering-sering cuci tangan menggunakan sabun,” ujarnya.

Untuk itu, kepada Gugus Tugas Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk tidak lengah, tetap siaga karena wabah ini tetap terus terjadi di tengah masyarakat.

“Kita terus melakukan edukasi pencegahan secara masif dan deteksi di daerah masing-masing, sehingga wabah ini benar-benar bisa kendalikan,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...