Dinas Dukcapil Baubau Genjot KIA

632
 

Baubau, Inilahsultra.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau terus menggenjot penggunaan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak usia 17 tahun kebawah.

Teranyar, Dinas Dukcapil Baubau telah menyerahkan 309 keping KIA ke siswa-siswi yang ada di Kota Baubau, Selasa 24 November 2020.

- Advertisement -

Masing-masing, SDN 7 Baubau sebanyak 50 keping, SDN 2 Batulo sebanyak 211 keping, SDN 1 Baubau sebanyak 37 keping, dan SDN 2 Baubau sebanyak 11 keping.

Dengan begitu, KIA yang sudah tercetak bagi anak usia sekolah di Kota Baubau sebanyak 3.389 keping atau meningkat 6,37 persen dari 4,27 persen.

“Kami target 15 ribu keping dengan target nasional sebesar 20 persen akhir tahun ini,” tutur Kepala Dinas Dukcapil Baubau Arif Basari di ruang kerjanya.

Arif Basari menjelaskan, KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya KTP untuk orang dewasa pada umumnya.

“KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum mulai dari mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak,” jelasnya.

Olehnya itu, Dukcapil Baubau terus menggenjot pencetakan KIA bagi anak usia sekolah di Baubau.

“Kami mencetak terus sampai malam, karena data dari SD dan SMP sudah masuk. Selain itu KIA sudah punya print cetak sendiri, jadi cepat,” tandasnya.

Untuk diketahui, setelah menuntaskan perekaman KIA dikalangan pelajar, Dinas Dukcapil Baubau akan menggenjot perekaman KIA untuk anak usia 0 sampai 5 tahun. Karena KIA diterbitkan dalam dua versi, yaitu untuk anak usia 0-5 tahun dan anak usia 6-17 tahun.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...