Anak-anak Buton Harus Sehat, Cerdas, dan Bebas Stunting

11
Ketua TP PKK Kabupaten Buton Delya Montolalu La Bakry saat menyerahkan makanan tambahan anak dan ibu hamil di Desa Kondowa Kecamatan Pasarwajo, Rabu 14 April 2021.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Delya Montolalu La Bakry kembali menyerahkan bantuan makanan tambahan anak dan ibu hamil untuk daerah Lokus Stunting di Desa Kondowa Kecamatan Pasarwajo, Rabu 14 April 2021.

Bantuan sejumlah 248 paket tersebut diberikan melalui Posyandu Flamboyan, gabungan dari Desa Kondowa dan Desa Dongkala. Seperti biasa, sebelum pemberian bantuan, peserta Posyandu dibekali bahaya stunting.

- Advertisement -

“Hal ini mungkin ibu-ibu sekalian sudah ketahui, tapi saya ingin mengulang dan mengulang lagi sangking pentingnya bahaya stunting untuk tumbuh kembang anak-anak kita,” kata Koordinator Penyuluh Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting Hj. Mardiyah Meti.

Stunting adalah keadaan fisik anak dimana tinggi badan dan berat badan tidak sesuai umur juga daya tangkap lemah. Kondisi ini bisa terjadi karena ibu hamil kurang mendapat asupan makanan bergizi.

Dia mengatakan, penting bagi ibu hamil untuk  memenuhi asupan makanan bergizi yakni banyak mengonsumsi makanan sehat seperti ikan, sayuran, buah dan kacang-kacangan. Selain itu dilengkapi dengan susu ibu hamil.

Tidak hanya soal asupan makanan yang harus bergizi, lanjut Mardiyah Meti, pola asuh anak yang kurang tepat juga dapat menjadi penyebab stunting.

“Maka dari itu, penting untuk menjaga jarak  kelahiran agar kebutuhan ASI anak tercukupi selama 2 tahun. Selain itu juga ibu bisa punya waktu yang cukup untuk mengurus anak dan dirinya sendiri,” tutup Mardiah.

Ketua TP PKK Kabupaten Buton Delya Montolalu La Bakry mengatakan, pemberian bantuan makanan tambahan ibu hamil tersebut merupakan upaya untuk mencegah stunting.

“Jangan lupa selalu memeriksakan keadaan kandungan ke Posyandu juga penting untuk  imunisasi,” katanya.

Istri Bupati Buton ini menambahkan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PKK Buton dan pemerintah daerah terhadap tumbuh kembang anak di Kabupaten Buton.

“Upaya mencegah penyakit stunting merupakan tanggung jawab kita bersama karena kelak masa depan daerah kita ini akan berada di tangan anak-anak kita, anak-anak kita haruslah sehat, cerdas, dan bebas stunting,” tutupnya.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...