Pasutri di Wakatobi Jual Anak untuk Bayar Utang dan Ongkos Merantau

202
Ilustrasi (Tempo.co)

Wakatobi, InilahSultra.com – Sepasang suami istri (Pasutri) asal Kaledupa Kabupaten Wakatobi, H (23) dan L (21) tega menjual buah hatinya yang baru berusia satu tahun lima bulan. Peristiwa itu terjadi pada Desember 2018.

Sepasang suami istri itu menjual anaknya kepada warga Lingkungan Bente Kecamatan Wangiwangi, M (Inisial). Mereka terpaksa melakukan itu agar bisa membayar utang dan ongkos merantau ke Kalimantan.

- Advertisement -

Kapolres Wakatobi AKBP Didik Erfianto melalui Kasubag Humas Polres Wakatobi, AKP Samsudin mengatakan, aksi itu untungnya diketahui oleh nenek korban, orang tua L. Sehingga dia melaporkan peristiwa kepada polisi dengan tuduhan menjual anak.

“Neneknya yang datang melapor,” ungkap  AKP Samsudin, Jumat 22 Februari 2019.

Ketika dilakukan pemeriksaan, lanjut Samsuddin, sepasang suami istri itu awalnya membantah menjual anaknya. Mereka mengaku hanya menitipkan anaknya kepada M. Hanya saja, belakangan mereka meminta sejumlah uang kepada M dengan alasan membayar utang.

“Yang beli bukan orang mampu. Dia bekerja sebagai buruh sehingga pembayaranya diangsur,” terang Samsudin.

Setelah dua kali pembayaran disertai dengan surat pernyataan jika anak yang dititip akan diambil kembali, maka uang yang sudah diberikan harus diganti 100 kali lipat.

“Harus mengganti uang senilai Rp 5 juta 100 kali lipat dan kesepakatan mereka ditandatangani kedua belah pihak,” ujarnya.

Saat ini, ujar Samsudin, pasangan tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara M yang membeli anak itu masih sebatas saksi.

“Sudah dikirim berkas dan pihak kejaksaan menyatakan lengkap sudah P21 terakhir kita komunikasi dengan Kasi Pidum, menunggu untuk diserahkan tersangka dan barang bukti,” paparnya.

Diketahui, H dan L dijerat Pasal 83 jo Pasal 76F UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pelindungan Anak dengan ancaman hukuman 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

Baca Juga :  Jelang Ramadan, Ratusan Botol Miras Dismunahkan Polres Wakatobi

Reporter: La Ode Samsuddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here