Fraksi PKS Tolak Selamanya Kedatangan TKA di Sultra

592
 

Kendari, Inilahsultra.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) menolak secara tegas terhadap kehadiran Tenaga Kerja Asing (TKA) di bumi Anoa.

Penolakan ini disampaikan anggota Fraksi PKS DPRD Sultra, Sudirman dan Muh Poli melalui rapat paripurna DPRD Sultra, Rabu 29 April 2020.

- Advertisement -

“Saya tegaskan Fraksi PKS menolak untuk selemanya kedatangan para TKA di Sultra, bukan hanya rencana kedatangan 500 TKA. Jangan ada lagi TKA yang masuk ke Sultra,” tegas Sudirman.

Anggota Komisi III DPRD Sultra ini mengatakan, apa kurang Indonesia dan Sultra sehingga PT VDNI kembali mendatangkan 500 TKA di tengah tenaga lokal saat ini telah dirumahkan dan dihentikan.

“Saya menyarankan DPRD memanggil pihak perusahaan untuk ditanyakan kenapa tidak menggunakan tenaga lokal. Kalaupun harus ada tenaga asing yang cukup 10 sampai 20 orang saja dan kalau sampai 200 tenaga ahli itu tidak masuk akal,” jelasnya.

Pria yang biasa disapa Imenk ini menjelaskan, Indonesia pada umumnya dan Sultra sudah memiliki tenaga kerja profesional yang dibutuhkan hanya saja tidak diberikan ruang untuk mendapatkan tempat.

“Harusnya kita berdayakan tenaga-tenaga lokal. Mari kita berusaha membantu dan memberikan ruang kepada putra-putri daerah untuk menunjukan kualitasnya,” jelasnya.

Sementata, anggota DPRD Fraksi PKS, Muh Poli menjelaskan, rencana masuknya 500 TKA dari Tiongkok di Sultra di tengah pandemi Covid-19 berarti pemerintah daerah sudah tidak diperhatikan oleh pemerintah pusat

“Saat ini PT VDNI dan beberapa perusahaan tambang merumahkan karyawannya dengan alasan untuk memutus mata rantai virus Corona. Tapi mendantangkan lagi 500 TKA dari Tiongkok. Ini menunjukan kita di Sultra sudah tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dengan memberikan izin para TKA tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, Jika pemerintah pusat masih memberikan peluang untuk kedatangan TKA di Sultra, maka anggota dewan dari Fraksi PKS akan melalukan aksi penolakan di Bandara Haluoloe.

“Kami anggota dewan dari Fraksi PKS di provinsi, Kota Kendari, Konsel dan Konawe akan berada di barisan yang menolak kedatangan para TKA di Bandara Haluoleo,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...