Sering Bandel, Pelanggar Perda di Baubau Bakal Dipidanakan

179
 

Baubau, Inilahsultra.com– Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Baubau berencana menjatuhkan sanksi pidana kepada masyarakat jika masih terus melanggar Perda berulang kali.

Sat Pol PP pun telah menyiapkan PNS di instansi penegak Perda Kota Baubau ini dengan fungsi sebagai penyidik. Bahkan, PNS ini dilatih di Mega Mendung Bandung oleh Polri.

- Advertisement -

Kasat Pol PP Kota Baubau Hanarudin menuturkan, pihaknya berencana memberikan sanksi pidana kepada masyarakat yang melanggar Perda berulang kali dan tidak mau mengindahkan atau mematuhi imbauan.

“Kalau sudah tidak ada kepedulian terhadap himbauan kami, maka kami akan rencana kesana (sanksi pidana),” tuturnya kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa 29 Desember 2020.

Kata dia, pada Perda Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Ketertiban Umum maupun Perda Nomor 9 Tahun 2017 Tentang IMB, sanksinya itu cukup berat yakni pidana enam bulan atau denda Rp 50 juta.

Selama ini, lanjut dia, pihaknya tidak langsung memberikan sanksi tetapi selalu memberikan imbauan agar masyarakat tidak lagi melanggar Perda yang dimaksud.

Hanarudin mengakui jika imbauan-imbauan tersebut juga banyak membuahkan hasil. Namun ada juga segelintir orang yang masih bandel dengan imbauan dari anggota Pol PP.

“Saya sering sampaikan kepada anggota untuk menggugah kesadaran mereka. Tapi ke depan nanti, jika himbauan ini tidak berhasil atau tidak diindahkan, ya suka tidak suka PNS (penyidik) harus bekerja,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...