Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Dinas PUPR Mubar Terus Genjot Infrastruktur Jalan dan Irigasi

373
 

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus menggenjot infrastruktur jalan dan pembangunan irigasi.

Dinas PUPR Mubar akan melakukan penataan terhadap jalan yang ada di kelurahan atau desa tiga wilayah kecamatan besar, yakni Lawa Raya, Kusambi Raya dan Tiworo Raya.

- Advertisement -

Sebagai daerah otonomi baru, Muna Barat sejak mekar dari tahun 2014 terbilang kumuh. Selama dikepemimpinan mantan Bupati Mubar LM Rajiun Tumada, wajah Mubar yang lahir di Fatghoerano itu menjadi tertata dengan baik.

Salah satu infrastruktur jalan yang dibangun Dinas PUPR Mubar.

Mulai dari infrastruktur jalan sampai dengan pembangunan irigasi itu merupakan bagian dari visi misi Rajiun dan Wakilnya Achmad Lamani. Terbukti, hingga 2020 ini hampir semua jalan jalan di desa teraspal.

Kepala Dinas PUPR Mubar, Karimin mengatakan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) tahun 2020 ini, pihaknya akan fokus untuk melanjutkan program yang belum sempat dilaksanakan sebelumnya.

“Ini juga bagian dari pengembangan ekonomi desa yang menjadi bagian dari implementasi Visi dan Misi La Ode M. Rajiun Tumada dan Achmad Lamani dalam RPJMD 2017-2022,” kata Karimin.

Irigasi yang dibangun Dinas PUPR Mubar untuk persawahan.

Dinas PUPR sudah menyiapkan Rp 1,8 miliar untuk merealisasikan seluruh item kegiatan tersebut.

Karimin bilang, Pemkab Mubar sangat memberikan perhatian pada pembenahan akses infrastruktur jalan pada kawasan perdesaan, karena sangat disadari bahwa bangkitnya ekonomi kawasan perdesaan sangat dipengaruhi oleh adanya dukungan infrastruktur jalan yang memadai.

“Karena itu setiap kebijakan pembangunan diarahkan untuk menggerakan bangkitnya ekonomi kawasan perdesaan yang notabene merupakan penyokong utama tumbuhnya ekonomi Mubar secara keseluruhan,” terangnya.

Kabid SDA Dinas PUPR Mubar, Surahcman berfoto di irigasi yang dibangun untuk mengairi sawah.

Sementara, Kabid, SDA Dinas PU Mubar, Surachman menambahkan, selain infrastruktur jalan, yang menjadi prioritas di Dinas PUPR Mubar ialah ada pembangunan irigasi yang rencananya akan dibangun di dua desa yaitu Katangana dan Lawada.

Menurutnya, irigasi merupakan kebutuhan dasar masyarakat di dua desa tersebut. Selain itu, potensi untuk perekonomian untuk kemajuan daerah Mubar juga ada di dua desa tersebut. Melihat sebelumnya, petani sawah sangat kesusahan dengan aliran air. Sehingga mempengaruhi terhadap bibit unggul ketika masa panen.

Irigasi yang dibangun Dinas PUPR Mubar.

Sehingga program tersebut merupakan salah satu target Pemda Mubar dalam menuntaskan beberapa persoalan irigasi di Mubar sekaligus merealisasikan janji mantan Bupati Mubar kepada para petani di Katangana dan Lawada.

“Pembangunan ini sebagai upaya meningkatkan debit air yang berkualitas sehingga mampu mendokrak hasil panen petani,” jelas Surachman. (Adv)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...